Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur`An (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran Santri Kelas Isti`Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Aniyah, . (2019) Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur`An (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran Santri Kelas Isti`Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ANIYAH_14113741.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) merupakan tahap awal yang harus ditempuh untuk memperdalam agama Islam. Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maunpun non formal seperti Pondok Pesantren.

Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur`an santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur??. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur`an santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur? Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles and Hubermean yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu data reduction, data display dan conclusion/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dilakukan dalam bentuk pembelajaran kaidah tajwid, latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Quran secara langsung di depan ustadz atau ustadzah. Santri dijelaskan kaidah tajwid dalam kitab Tanwirul Qori fi Tajwid al-Kalam al-Bari` kemudian berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Quran di kelas isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum yaitu ceramah, latihan (drill), pemberian tugas dan metode sorogan, yaitu: santri membaca di hadapan ustadz atau ustadzah. Pembelajaran menulis huruf hijaiyyah dan ayat Al-Quran di kelas Isti ` dad, masih bersifat dasar, seperti cara membentuk huruf hijaiyyah , menyambung huruf dengan huruf lain dan tidak langsung praktik menulis ayat Al- Quran. Kaligrafi atau khot belum diajarkan di kelas Isti ` dad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jul 2020 07:42
Last Modified: 17 Jul 2020 07:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item View Item