Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Ekonomi Wisata Muncak Temiangan Kabupaten Lampung Barat Melalui Media Digital Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Wisata Muncak Temiangan Lampung Barat)

Zaini, Abduhu (2020) Pengembangan Ekonomi Wisata Muncak Temiangan Kabupaten Lampung Barat Melalui Media Digital Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Wisata Muncak Temiangan Lampung Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ABDUHU ZAINI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pariwisata adalah perjalanan dari suatu tempat ketempat lain bersifat sementara, dilakukan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam, dan ilmu. Pengembangan adalah suatu proses untuk memperbaiki dan meningkatkan sesuatu yang ada. Pengembangan pariwisata merupakan kegiatan membangun, memelihara, dan melestarikan pertanaman, sarana dan prasarana maupun fasilitas lainnya.

Etika Bisnis Islam adalah seperangkat nilai, aturan maupun tata cara yang dijadikan pedoman dalam berbisnis sehingga aktivitas bisnis yang dilakukan tidak menyimpang dari ajaran Islam. Jadi, antara etika dengan bisnis merupakan dua hal yang saling berhubungan sehingga menghasilkan suatu tatanan bisnis yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

Tipe penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan penjabaran deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah perkembangan ekonomi, penerapan media digital dan pengelolaan Wisata Muncak Temiangan dilihat dari perspektif Etika Bisnis Islam?

Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan melalui media digital yang dilakukan di Wisata Muncak Temiangan masih belum maksimal karena akun media digital resmi milik Muncak Temiangan hanya ada dua media sosial yaitu Instagram dan facebook, mereka masih belum memanfaatkan media digital lainnya seperti youtube, website, telegram dll. Masih terbatasnya pengetahuan mengenai media digital menjadi kendala utama. Dari segi Etika Bisnis Islam ada beberapa poin yang sesuai seperti prinsip Etika Bisnis Shidiq, dan yang tidak sesuai masih ditemukannya praktek melipat gandakan harga demi mendapat keuntungan lebih. Selain itu konsep ketuhanan juga sudah diterapkan di Muncak Temiangan, namun sayangnya konsep tanggung jawab masih belum di diterapkan secara maksimal karena masih banyak ditemukan sampah Kata Kunci: pariwisata, pengembangan ekonomi, etika bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jul 2020 00:41
Last Modified: 22 Jul 2020 00:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3577

Actions (login required)

View Item View Item