Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Produk Tradisional Tapis Lampung Melalui Media Digital Dilihat Dari Perpektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Penjahit Bintang 38B Batanghari, Lampung Timur)

Berliana, Clara (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Tradisional Tapis Lampung Melalui Media Digital Dilihat Dari Perpektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Penjahit Bintang 38B Batanghari, Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI CLARA BERLIANA, 1602040012.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia yang memiliki aneka ragam corak, bentuk dan sifat kebudayaan daerah yang memiliki berbagai potensi bagi pengembangan nilai-nilai budaya yang beraneka ragam baik jumlahnya maupun keanekaragamannya merupakan sumber kekayaan bangsa pada saat ini yang dipengaruhi dengan perkembangan teknologi media digital. Mudahnya media digital diakses oleh seluruh elemen masyarakat di manapun dan kapanpun karena pada saat ini media digital sebagai sarana pemasaran yang paling mudah dan efisien. Masyarakat adat Lampung merupakan salah satu dari begitu banyaknya kekayaaan suku dan budaya di Indonesia. Salah satu kebudayaan yang patut dilestarikan oleh masyarakat Lampung yaitu tapis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tradisional tapis Lampung melalui media digital dilihat dari perspektif etika bisnis islam (Studi Kasus di Penjahit Bintang 38B Batanghari, Lampung Timur). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder.

Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah produk tradisional tapis Lampung dikembangkan melalui inovasi dan kreatifitas sehingga memiliki fungsi yang lebih luas dan pemasaran yang digunakan di media digital adalah Facebook, Instagram, Shoppe, Tokopedia, dan Whatsapp semua media digital yang digunakan saling berkaitan sehingga memudahkan pemasaran secara luas dalam waktu yang singkat. Namun perkembangan pemasaran melalui media digital belum cukup konsisten karena nama akun yang digunakan untuk pemasaran di media digital masih berbeda-beda sehingga strategi pemasaran yang diterapkan belum optimal.

Kata Kunci: Pemasaran, Tapis Lampung, Media Digital, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jul 2020 00:42
Last Modified: 22 Jul 2020 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item View Item