Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemaaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Florist Di Kauman 15 Polos Kota Metro)

As, Bima Dinatha (2020) Analisis Strategi Pemaaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Florist Di Kauman 15 Polos Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI BIMA DINATHA AS, 1602040075.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia merupakan Negara agraris yang kaya akan tanaman hias yang bisa dibudidayakan dalam jumlah yang banyak. Holtikultura merupakan salah satu sub sector dalam bidang pertanian, di dalamnya mempelajari tanaman hias yang disebut
florikultura. Budidaya tanaman bunga potong kini semakin luas dan peminatnya yang semakin meningkat. Pemasaran dalam perspektif etika bisnis Islam adalah kegiatan memasarkan produk yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah.Sehingga
kegiatan pemasaran yang dilakukan dapat membawa keberkahan di dunia dan akhirat. Karena berbisnis bukan hanya mencari keuntungan, tetapi itu harus diniatkan sebagai ibadah kita kepada Allah SWT, dengan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan semua data-data tersebut dianalisa secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian,strategi pemasaran yang digunakan oleh kedua toko florist yaitu memanfaatkan media digital sebagai alat bantu dalam memasarkan produk yang ditawarkan dengan menggunakan teori 4P yaitu Price, Product, Place, Promotion. Dalam melakukan kegiatan pemasaran kedua toko florist ini telah melakukan pemasaran sesuai dengan etika bisnis islam, yaitu keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebajikan, namun ada hal yang menjadi permasalahan yaitu keTauhidan dimana masih minimnya kesadaran akan beribadah dan lebih mementingkan dunia, kemudian yaitu ketidakjujuran dalam menggunakan bahan baku, bahan baku yang digunakan dalam pembuatan bunga papan berupa bunga yang sudah tidak layak pakai sehingga terjadi ketidakpuasan pelanggan terhadap hasil yang diberikan.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Jul 2020 05:31
Last Modified: 20 Jul 2020 05:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item