Rahmawati, Violita (2020) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMK Negeri 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI FIX baru.pdf - Other Download (898kB) | Preview |
Abstract
Pelajaran pendidikan agama islam di sekolah mempunyai peranan penting dalam upaya memberikan nilai-nilai keagamaan bagi peserta didik untuk membentuk akhlak peserta didik menjadi lebihbaik dari sebelumnya, tujuan adanya pendidikan agama islam tentunya untuk mencetak peserta didik yang religius, disiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, jujur, peduli lingkungan hidup, serta peduli terhadap sesama. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di SMK N 3 Metro dapat diketahui bahwa akhlak peserta didik belum bisa dikatakan baik karena masih banyak peserta didik yang melanggar tata tertib di sekolah. Maka dengan demikian guru pendidikan agama islam selain mengajarkan agama di dalam kelas secara formal juga sekolah mengadakan kegiatan yang menunjang pembentukan akhlak seperti membaca Al-Qur‘an sebelum belajar, sholat dhuha, mengadakan sholat berjamaah zuhur, memberikan hafalan surat pendek dan peduli dengan lingkungan. Yang menjadi pertanyaanpenelitian ini adalah apakahimplementasi pendidikan agama islam dapat membentukan akhlak siswa di SMK Negeri 3 Metro, serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak di SMK N 3 Metro?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan deskripsi tentang implementasi pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak siswa di SMK N 3 Metro, serta untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan pembentukan akhlak di SMK N 3 Metro.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan objek yaitu Guru PAI, Kepala Sekolah, Guru-guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi, penjamin keabsahan data dilakukan teknik triangulasi data. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwasanya cara tersebu efektif dan mudah dilaksanakan.
Hasil penelitian menunjukan implementasi pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak siswa yaitu melalui kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru PAI, dan juga kegiatan lainnya. Namun dalam kegiatan tersebut terdapat faktor pendukung penghambat, faktor pendukung seperti terdapat sarana dan prasarana yang mendukung yang mudah untuk dijangkau guru dalam mengimplementasikan pendidikan agama islam, adanya kerjasama antara siswa dan guru, sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu, kurangnya kesadaran siswa, kesulitan guru dalam menasihati siswa diluar jam pelajaran, guru terlalu sering membebankan tugas kepada siswa.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwasannya implementasi pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak siswa di SMK N 3 Metro sudah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 02:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 02:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |