Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Negeri Bandar Mataram Lampung Tengah

'Ula, Mutamminul (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Negeri Bandar Mataram Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MUTAMMIMUL ‘ULA.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang besar dan strategis dalam pengembangan kecerdasan spiritual siswa. Pengembangan ini terutama dilaksanakan melalui proses interaksi pembelajaran. Namun demikian, pada kenyataannya peran ini belum sepenuhnya dapat terlaksana dengan baik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 1 Bandar Mataram Lampung Tengah?” dan “Apa faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 1 Bandar Mataram Lampung Tengah?”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru Pendidikan Agama Islamdan sumber data sekunder yaitu siswa kelas VIII dan Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Bandar Mataram. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan teknik. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 1 Bandar MataramLampung Tengah yaitu guru memberikan motivasi, nasehat, contoh berprilaku yang baik, menjalin tali persaudaraan, saling tolong menolong, melakukan sholat berjamaah, membiasakan siswa untuk selalu berdo‟a, melakukan bimbingan baca Al-Qur‟an, dan melakukan praktik-praktik keagamaan. Adapun faktor pendukung dari peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual adalah adanya kerjasama yang baik antara guru Pendidikan Agama Islam dengan kepala sekolah dan para guru lain, serta sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri siswa, kemudian faktor lingkungan yang kurang mendukung serta kurangnya kesadaran orang tua dalam memberikan pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:08
Last Modified: 21 Jul 2020 02:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item