Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi LSO (Learning Start with a Question)pada Siswa Kelas V SDIT Al-Muhsin Tahun Pelajaran 2019/2020

Zulaiha, Siti (2020) Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi LSO (Learning Start with a Question)pada Siswa Kelas V SDIT Al-Muhsin Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SITI ZULAIHA (1601050087) SKRIPSI.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SDIT AL-Muhsin kurangnya antusiasme siswa dalam mata pelajaran matematika dan masih banyaknya siswa yang kurang memahami konsep operasi hitungdan kurangnya penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas serta hasil belajar matematika yang masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan strategi LSQ berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Al-Muhsin. Dan untuk membuktikan perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi LSQ dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain eksperimennya quasi eksperimentdengan bentuk desainnya the non equivalent pretest-posttest control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Al-Muhsinsebanyak 44 siswa. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang peneliti gunakanyaitu, tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, Uji normalitas data, Uji wilcoxon, Uji main whitney, Uji gain ternormalisasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa LSQ terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini berdasarkan uji wilcoxon diperoleh Asymp.Sig = 0,000< 0,05 . sedangkan hasil dari uji Mann Whitney diperoleh bahwa Asymp.Sig= 0,007 < 0,05, sehingga terbukti bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan LSQ dengan siswa yang tidak menggunakan LSQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 20 Jul 2020 08:51
Last Modified: 20 Jul 2020 08:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item