Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 8 Metro

Dewi, Nur Sinta (2020) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 8 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NUR SINTA DEWI SKRIPSI.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa kelas V SD negeri 8 Metro. Rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar yang rendah juga bagi siswa. Salah satu model yang tepat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hal tersebut maka penguasaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mengajar diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 8 Metro Pusat semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Pusat.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 8 Metro Pusat pada siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pada penelitian, diperoleh persentase aktivitas belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 54,06% dan pada siklus II mencapai rata-rata 75,53% atau mengalami peningkatan sebesar 21,47%. Presentase nilai ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 53,33% sedangkan pada siklus II sebesar 80%. Peningkatan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan efek yang baik dalam aspek keaktifan dan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran koppertif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:49
Last Modified: 22 Jul 2020 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item View Item