Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku konsumen terhadap penggunaan Eyelash Extension perspektif konsumsi dalam islam (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro)

Rusviana, Siti Hardayanti (2020) Perilaku konsumen terhadap penggunaan Eyelash Extension perspektif konsumsi dalam islam (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI HARDAYANTI RUSVIANA.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak konsumen yang mencari kemudahan dalam mempercantik diri terutama area mata. Salah satu kemudahan tersebut tanpa harus repot memakai pelentik bulu mata, bulu mata palsu atau eyelinerdengan adanya eyelash extension(sambungbulu mata).PadahalImam An-Nawawi yang berlandaskan Hadits Shahih Bukhari (4806) telah menjelaskan tidak diperbolehkannya sambung bulu mata karna sama dengan sambung rambut. Adapun ulama yang berbeda pendapat tentangmemperbolehkannya seperti; Imam Syafi‟I, Imam Hanafi, dan Syekh „Athiyah Shaqr dengan ketentuan bahan yang digunakan bukan dari rambut asli, tidak adaunsur penipuan dan pengelabuha. Pada kenyataannya ada beberapa mahasiswi yang mencerminkan perilaku yang konsumtifdengan alasan meningkatkankepercayaan diri. Mengingat hal tersebut peneliti memilih Mahasiswi FEBI IAIN Metro sebagai tempat penelitian untuk mengetahui perilaku konsumen dalam penggunaan eyelash extensionyang sesuai dengan konsumsi dalam Islam.

Penelitian dilakukan langsung di FEBI IAIN Metro dengan menggunakan teknik wawancara semi tersetruktur kepada 10 mahasiswi apakah mereka memiliki perilaku bersifat rasional atau irrasioanl yang sesuai dengan konsumsi dalam Islam. Oleh karena itu sebagai metode utama dalam memperoleh keterangan-keterangan yang berhubungan dengan perilaku konsumen terhadap penggunaan eyelash extension di FEBI IAINMetroPerspektifKonsumsi Dalam Islampeneliti menggunakan teknik snowball sampling apabila dua orang belum merasa cukupmaka mencari kembali yang dipandang dapat melengkapi data. Selain itu dokumentasiberupa foto atau gambar digunakansebagai pelengkap untuk memperoleh data tambahan. Data yang telah terkumpul tersebut kemudian dianalisis dengan mengetahui fakta khusus tentang perilaku mahasiswi yang disimpulkan berdasarkan teori konsumsi Islam.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku mahasiswi FEBI IAIN Metro dalam penggunaan eyelash extensionmasihada yangbelum menerapkanperilaku yang sesuai dengan Konsumsi dalam Islam, yaitu boros menimbulkan perilaku yang konsumtifdiantaranya saudari Rky dan Dw.Sedangkan yang lainyabersifat Irrasionalmerekaterpengaruh oleh promosi dan tidak membuat mereka menjadi berperilaku konsumtifkarena,terdapat dampak yang tidakbaik untukbulu matanyayang asli.Penelitian ini memberikan wawasan agar mahasiswidapat berperilakusesuai dengan anjuran perilaku konsumsi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:41
Last Modified: 22 Jul 2020 02:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item