Ariyani, Erna (2020) Perilaku Menyontek Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sebuah Sekolah Dasar di Raman Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Erna Ariyani (NPM. 1601050098).pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perilaku menyontek menjadi fenomena yang perlu diperhatikan dalam pendidikan. Perilaku menyontek dapat terjadi disemua jenjangpendidikan baik sekolah dasar, sekolah menengah, bahkan perguran tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku menyontek siswa sekolah dasar yang meliputi: alasan siswa sekolah dasar menyontek, cara siswa dasar menyontek dan frekuensi siswa sekolah dasar dalam menyontek.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek berasal dari kelas IV dengan pengambilan sampel informal secara snowball sampling.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan perilaku menyontek disekolah dasar masih terjadi dengan alasan soal terlalu sulit,tidak bisa mengerjakan, takut nilai jelek.cara yang digunakan siswa sekolah dasar dalam melakukan praktik menyontek berbeda-beda meliputi:kode tangan, melihat jawaban teman, membawa catatankecil dan menulis diatas meja,dan saling melempar penghapus.Frekuensi menyontek siswa sekolah dasar masih bervarariasi,umumnyadilakukansaat ujian berlangsung, namun ada juga yang dilakukanya saat mengerjakan tugas yang diberikan olehguru.
Kata Kunci :Menyontek, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 02:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 02:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3610 |
Actions (login required)
View Item |