Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Soleha, Binti Mariatus (2020) Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI BINTI MARITUS SH.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an Hadis merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, menghayati, Al-Qur’an Hadis. Yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya (way of life)melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman, pembiasaan dan keteladanan. Hal lain yang terkait dengan Al-Qur’an Hadis adalah kemampuan siswa dalam menggali nilai, makna, ibrah atau hikmah, dalil dan teori dari fakta Al-Qur’an yang ada.

Berdasarkan hasil Pra Survey melalui wawancara dengan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Ibu Siti Fauziyah, M.Pd.I yang peneliti lakukan pada hari Kamis 25 Oktober 2018, diketahui bahwa siswa kurang menguasai pelajaran Al-Qur’an Hadis hal tersebut terlihat disaat guru memberikan pertanyaan pada siswa setelah guru menjelaskan materi Al-Qur’an Hadis, sebagian besar dari siswa tersebut hanya diam dan mereka terlihat bingung karena mereka tidak paham dengan apa yang sudah dijelaskan oleh guru. Dan menurut penuturanIbu Siti Fauziyah, M.Pd.I ketidakpahaman siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis disebabkan beberapa permasalahan yaitu kurang fokusnya siswa, kurang tertariknya siswa terhadap Metode yang digunakan oleh guru yaitu metode ceramah dan kurang berpartisipasinya siswa dalam pembelajaran dan belum maksimalnya pelaksanaan perencanaan pembelajaranyang sudah dirancang oleh guru.

Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa ada pengaruh penggunaan Metode Drill terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VII di Mts Al-Ishlah. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Product Moment. diperoleh harga Product Momen,12,824 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 0.361. Sehingga dalam penelitian ini pengaruhnya sangat besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:28
Last Modified: 22 Jul 2020 02:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item