Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi jasa transportasi Grab online berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 tahun 2019 terhadap kesejahteraan driver(Studi kasus komunitas Driver Grab di Kota Metro)

Sari, Ratna (2020) Implementasi jasa transportasi Grab online berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 tahun 2019 terhadap kesejahteraan driver(Studi kasus komunitas Driver Grab di Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Ratna Sari Skripsi FIKS.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Grab onlineIndonesia menawarkan berbagai alternatif penyediaan jasa yang telah tersedia diberbagai kota besar pada khususnya guna membantu masyarakat dalam melakukan kegiatan kesehariannya, seperti aktivitas pekerjaan, kuliah, travelling, penelitian, perdagangan maupun perjanan lainnya. Realitanya yang terjadi dalam penyelenggaraan jasa transportasi ini pihak perusahaan seringkali membuat keputusan dan peraturan baru, seperti penempatan lokasi, pemotongan yang tinggi, hingga target penarikan yang persentasenya ditambah lagi. Peraturan tersebut tidak jarang menyudutkan dan membatasi driversehingga mereka harus bekerja lebih keras lagi untuk mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan. Selain peraturan perusahaan tersebut, permasalahan yang dihadapi oleh driver online yakni masalah cuaca yang bagaimanapun caranya harus dihadapi entah itu hujan atau pun panas. Sedangkan tarif untuk order tetap tidak didasarkan pada cuaca.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi jasa transportasi grab onlineKota Metro berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 Tahun 2019.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang menghimpun data kualitatif.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pengguna jasa grab online, driverdan shelter. Semua data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif melalui pendekatan induktif.

Berdasarkan pembahasan yang telah dijabarkan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan jasa transportasi grab online di Kota Metro, pihak driver sering mengalami kerugian baik tenaga maupun materi. Pasalnya, perusahaan tidak jarang membuat keputusan dan peraturan baru sepihak yang cenderung merugikan para driver. Bagi driver dibebankan potongan sebesar 20% dari seluruh order yang diperoleh apabila tidak memenuhi poin yang ditargetkan oleh perusahaan. Namun apabila driver mampu mengumpulkan poin sesuai target maka driver akan memperoleh keuntungan dari kerja kerasnya dalam mengumpulkan poin tersebut. Hal ini sudah pasti pihak driver adalah pihak yang tidak diuntungkan. Pihak perusahaan seolah tidak mempedulikan kesejahteraan para driver. Selain itu, pihak pengguna jasa grab online pun leluasa membatalkan orderannya apabila tidak sesuai dengan harapan. Padahal perilaku pengguna jasa ini nantinya juga merugikan driver karena mengakibatkan penurunan performa driver.

Kata Kunci: Transportasi, Grab Online & Kesejahteraan Driver

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 22 Jul 2020 01:59
Last Modified: 22 Jul 2020 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item