Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Gantiwarno Kecamatan Pekalongan Lampung Timur

Ramadani, Rike (2020) Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Gantiwarno Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RIKE RAMADANI (NPM. 1601050028).pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masa sekolah dasar adalah masa yang baik untuk meresapkan nilai kedisiplinan dalam diri seorang siswa dalam kehidupannya sehari-hari. Dalam hal ini tentu saja tidak hanya dilingkungan keluarga saja tetapi dilingkungan sekolah terutama didalam kelas belajarnya. Namun masih ada siswa sekolah dasar yang masih kurang sadar akan pentingnya kedisiplinan seperti terlambat datang ke sekolah, terlambat masuk kelas, tidak menggunakan seragam sesuai ketentuan, tidak menggunakan atribut secara lengkap

Hal ini merupakan bukti bahwa ternyata pembentukan kedisiplinan pada siswa sekolah dasar masih kurang. Peran guru dalam pembentukan kedisiplinan seharusnya menjadi bentuk kepedulian seorang guru dalam pembentukan kedisiplinan pada siswa sekolah dasar dalam menjaga kedisiplinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru kelas dalam pembentukan kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Gantiwarno Kecamatan Pekalongan menjadi lebih baik.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis Pearson Product Moment menggunakan SPSS 16.0. Lokasi penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri 1 Gantiwarno Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.

Berdasarkan analisis data inferensial dan pengujian hipotesis mengunakan teknik analisis korelasi product moment untuk 22 orang dengan taraf signifikansi 5% menggunakan aplikasi SPSS di peroleh p-Value = 0,327 ˃a = 0,05, maka terima Ho, artinya terdapat hubungan yang positif namun kategori rendah antara variabel peran guru dengan kedisiplinan siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Gantiwarno.

Kata Kunci : Peran Guru, Kedisilinan, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Jul 2020 10:18
Last Modified: 28 Jul 2020 10:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item