Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN I Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Anam, Ahmad Khoirul (2020) Pengaruh Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN I Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AHMAD KHOIRUL ANAM.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kreativitas guru dalam pembelajaran sangat diperlukan agar peserta didik dalam proses pembelajaran dapat antusias dalam pembelajaran sehingga peserta didik tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Kreativitas guru dalam pembelajaran akan membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan guru sehingga peserta didik dapat menyerap materi yang disampaikan guru. Hal ini dapat dilakukan baik dari penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan pembelajaran dan termasuk penggunaan metode pembelajaran, jika peserta didik tertarik pada saat proses pembelajaran, maka diharapkan hasil belajarpun meningkat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “ apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMAN I Purbolinggo Lampung Timur Pelajaran 2019/2020”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMAN I Purbolinggo Lampung Timur Pelajaran 2019/2020.

Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan sampel dari populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 peserta didik yang diambil dari populasi yang berjumlah 284 peserta didik kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi.

Hasil analisa data penulis menggunakan rumus Product Moment, hasil yang diperoleh adalah rxy sebesar besarnya 0,539 lebih besar dari pada rtabel, baik untuk taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,3200,413. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Kreativitas guru dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMAN I Purbolinggo Lampung Timur Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 03 Aug 2020 08:14
Last Modified: 03 Aug 2020 08:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item