Laitani, Almas (2020) Pengaruh hafalan Al-qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas XI di MAN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ALMAS LAITANI. PAI. 1601010006.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan sumber hukum pertama di dalam ajaran agama Islam. Salah satu usaha untuk mengasah kecerdasan emosional adalah dengan sentuhan Al-Qur’an, karena Al-Qur’an telah memberikan kontribusi besar dalam mendorong manusia untuk belajar menimba ilmu. Dengan menghafal Al-Qur’an, Allah juga akan menganugerahkan pemahaman kepadanya yang menjadikan lebih unggul dibandingkan dengan teman sebayanya, serta daya hafal pada dirinya semakin kuat. Data dari hasil observasi yang peneliti lakukan, maka didapati beberapa masalah diantaranya, nilai Qur’an Hadis yang dikategorikan kurang, suasana kelas yang gaduh saat hafalan, dan kurangnya waktu untuk memuroja’ah hafalan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat asosiatif yang bertujuan mengetahui pengaruh antara 2 variabel atau lebih. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI IPA 5 yang berjumlah 34 orang.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data dengan tes lisan, tes dalam penelitian ini merupakan metode pokok yang digunakan untuk memperoleh data tentang hafalan Al-Qur’an siswa. Dokumentasi pada penelitian ini digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI , struktur dan sejarah sekolah.
Dari perhitungan pengaruh antara variabel X dan Y dengan nilai Asymp. Sig (2-sided)sebesar 0,003<0,05, dan nilai r hitung > r tabel, 0,999>0,2869, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikasikan antara hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan hasil uji Chi Kuadrat jika nilai Asymp. Sig. (2-sided) < 0,05, maka artinya Hoditolak dan Ha diterima.
Maka dalam penelitian ini hipotesis alternative (Ha) diterima dan(Ho) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 01:17 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 01:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3654 |
Actions (login required)
View Item |