Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Price Discount terhadap keputusan Impulse Buying dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada pelanggan Alfamart di Kota Metro)

Widyana, . (2020) Pengaruh Price Discount terhadap keputusan Impulse Buying dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada pelanggan Alfamart di Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI WIDYANA.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia guna kepentingan utama untuk keberlangsungan hidup, adanya minimarket seperti Alfamart yang banyak ditemui diperkotaan salah satunya di Kota Metro yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dalam satu tempat membuat konsumen terasa nyaman. Adapun promosi yang dilakukan oleh pihak Alfamart dengan memberikan price discountmenarik konsumen untuk berbelanja diminimarket tersebut. Dengan price discountyang diberikan oleh minimarket menjadikan konsumen impulsie buyingdalam berbelanja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Price Discountterhadap Impulse Buyingdalam Perspektif Ekonomi Islam.Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field reasearch). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada 3 karyawan Alfamart dan 30 konsumen Alfamart, sedangkan observasi yang dilakukan di Alfamart A. Yani Metro, A. Yani 3, dan Sutan Syahrir. Semua data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan metode berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Alfamart A. Yani Metro, A. Yani 3, dan Sutan Syahrir menunjukan bahwa pengaruh price discountterhadap keputusan impulse buyingpada pelanggan Alfamart di Kota Metro ditandai dengan pola pembelian spontan, kurang terencana dan kurang mempertimbangkan resiko. Tingkat impulsifitas pembelian berada pada kategori pemberian setengah terencana karena teringatkan ketika melihat price discount. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam prilaku pembelian tetap harus menekankan pada pola sederhana dalam kebutuhan dan tetap dalam kerangka hidup sederhana, serta tetap memperhatikan kenyamana.. sedangkan yang dilakukan pelanggan Alfamart di Kota Metro belum sesuai dengan perspektif ekonomi Islam karena Islam mengajarkan belanja sesuai dengan perencanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:01
Last Modified: 30 Jul 2020 04:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item