Santoso, Dri and Priyatna, Aulia Ranny (2020) Strategi pemasaran produk tabungan mabrur junior di Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI RISKI EKA LESTARI 1602100177.pdf - Other Download (10MB) | Preview |
Abstract
Sebagai Bank Syariah terbesar di Indonesia, Bank Syariah Mandiri hadir dengan menyediakan beberapa produk untuk membantu kebutuhan nasabahnya. Produk tersebut mulai dari produk pendanaan, produk pembiayaan dan produk jasa-jasa perbankan lainnya. Salah satu produk pendanaan yang menjadi pelengkap dari produk Tabungan Mabrur maka Bank Syariah Mandiri meluncukan juga Tabungan Mabrur Junior atau dikenal tabungan haji anak. Tabungan Mabrur Junior adalah fasilitas pendanaan yang disediakan oleh Bank Syariah Mandiri untuk membantu nasabah dalam menunaikan pelaksanaan ibadah haji yang merasa sulit dengan penetapan waktu tunggu yang lama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat deskriptifkualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk Tabungan Mabrur Junior yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung. Analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara yaitu dengan Sharia Funding Executive, Customer Service dan tiga orang Nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung pada produk Tabungan Mabrur Junior yaitu dengan menerapkan empat unsur yang terdapat padabauran pemasaran atau Marketing Mixyakni Strategi Produk(Product), Strategi Harga(Price), Strategi Tempat(Place), dan Strategi Promosi(Promotion), meskipun terdapat kendala dalam pelaksanaannya.Strategi pemasaran produk Tabungan Mabrur Junior dari tahun 2016 hingga 2018 mengalami peningkatan namun tidak signifikan. Sebaiknya Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung lebih meningkatkan pemasaran produknya dengan memberikan Rewarddan tambahan fasilitas agar dapat menarik minat menabung dan berjalan lebih efektif.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 08:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 08:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3681 |
Actions (login required)
View Item |