Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Suseno, Nugroho Noto (2020) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NUGROHO NS.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Motivasi adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan yang menghasilkan perubahan perilaku, sehingga mampu melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan sebelumnya. Motivasi muncul dalam diri individu sebagai suatu kekuatan untuk mendorong tercapainya tujuan. Motivasi belajar sangat diperlukan bagi semua peserta didik, sebab proses pembelajaran seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melaksanakan aktivitas belajar dengan bersungguh-sungguh.

Berdasarkan hasil prasurvey yang penulis lakukan dapat di kemukakan bahwa masih terdapat kesenjangan dalam proses pembelajaran yang terjadi, hal ini dapat terlihat dari beberapa siswa motivasi belajarnya kurang. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pengaruh Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur. Dan hipotesis penelitiannya adalah ada Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Negeri 1 Lampung Timur yang ber jumlah 790 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 39 siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode yang utama dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan variabel keterampilan mengajar guru (x) termasuk dalam kategori sedang (69,1%). Besarnya korelasi dengan variabel motivasi belajar siswa adalah sebesar 47.7% dan sisanya yakni 52.3% ditentukan oeh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru memberikan indikasi bahwa apabila ingin meningkatkan motivasi belajar siswa, maka keterampilan mengajar guru harus diperhatikan disamping faktor lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:49
Last Modified: 12 Aug 2020 06:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3687

Actions (login required)

View Item View Item