Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Banarjoyo

Damayanti, Ulfah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Banarjoyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI Ulfah Damayanti 1601050090 (R. V) + SCAN.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Suatu konsep matematika yang bersifat abstak bagi siswa SD tentu akan sulit dipahami dan cenderung menimbulkan kurang antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka diperlukan suatu usaha untuk memperbaiki permasalahan dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model koopertaif Jigsawdalam proses pembelajaran matematika. Dan penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Banarjoyo.

Jenis penelitian ini Pre-ExperimentalDesign, Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V B SD Negeri 2 Banarjoyo, lokasi penelitian di SD Negeri 2 Banarjoyo Lmapung Timur, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pegumpulan data dengan menggunakan tes tertulis berupa soal essay, observasi, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji hipotesis (uji paired sample test) dan uji N-Gain Ternormalisasi.

Berdasarkan pengumpulan data dan analisis data diperolehhasil α= 0,000, dan t hitungnya = 0,05. Karena α= 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa H0ditolak artinya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa dengan kategoripengaruhnyacukup efektif.

Kata Kunci: Jigsaw, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:53
Last Modified: 30 Jul 2020 03:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item