Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Mempertahankan Konsumen Di Perusahaan Mebel Haji Slamet Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Irvansyah, Lucky (2020) Analisis Strategi Mempertahankan Konsumen Di Perusahaan Mebel Haji Slamet Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI LUCKY IRVANSYAH.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi dalam mempertahankan konsumen dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya perusahaan dapat mempelajari karakteristik konsumen, mempelajari keinginan dan kebutuhan konsumen, dan pelayanan terhadap konsumen. Strategi-strategi tersebut dapat diterapkan dalam suatu perusahaan agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi mempertahankan konsumen yang dilakukan oleh Mebel Haji Slamet dalam perspektif Ekonomi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Meubel Haji Slamet Kota Metro Tahun 2020, data-data dikumpulkan dengan metode wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis induktif yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dari Meubel Haji Slamet dalam mempertahankan konsumen menggunakan startegi Product (Produk) dan Price (Harga). Kedua strategi ini dirasakan lebih memiliki peran penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen dalam membeli produk di Meubel. Meubel Haji Slamet menyediakan jenis produk yang didesain menarik dan dibuat dengan bahan berkualitas. Harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas produk. Semakin bagus desain dan kualitas produk maka semakin mahal harganya. Namun untuk memenangkan persaingan dalam menarik minat konsumen dan mempertahankan konsumen untuk tetap membeli di Meubel tersebut, Haji Slamet mampu bersaing dalam hal harga. Ia tidak segansegan memberikan harga yang lebih murah atau potongan harga dibanding dengan meubel lainnya.

Kata Kunci: Strategi, mempertahankan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:50
Last Modified: 12 Aug 2020 06:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3698

Actions (login required)

View Item View Item