Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Persaingan Usaha Ekonomi Kreatif Kedai Bakpia Oma Dian (Desa Tanggul Angin, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah)

Yunita, Selvi (2020) Strategi Persaingan Usaha Ekonomi Kreatif Kedai Bakpia Oma Dian (Desa Tanggul Angin, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SELVI YUNITA 1602040147.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi adalah suatu kesatuan rencana yang menyeluruh, komprehensif, dan terpadu yang diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Persaingan adalah usaha dari 2 pihak atau lebih perusahaan yang masing-masing bergiat memperoleh pesanan dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan. Ekonomi kreatif adalah suatu konsep untuk merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berbasis kreativitas. Pemanfaatan sumber daya yang bukan hanya terbarukan, bahkan tidak terbatas, yaitu, ide, gagasan, bakat dan kreativitas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Persaingan Usaha Ekonomi Kreatif Kedai Bakpia Oma Dian di Desa Tanggul Angin Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh dari pemilik usaha, karyawan, konsumen, dan pesaing usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ketatnya persaingan usaha yang terjadi antar sesama pengusaha bakpia dapat dihindari melalui penerapan strategi marketing mix dalam ekonomi kreatif. Strategi yang digunakan antara lain adalah produk, harga, distribusi, dan promosi yang dapat dilakukan dengan cara meningkatkan hasil produk kreatif yang berkualitas tinggi dan bermutu baik, berusaha menciptakan varian rasa terbaru, selalu melakukan inovasi terhadap olahan bakpia baik dari bentuk, ukuran, kemasan, dan desain produk, harga yang mahal sesuai dengan produk yang ditawarkan, memiliki lokasi usaha yang sangat strategis, melakukan promosi penjualan produk dengan menyebarkan informasi pada media elektronik melalui internet marketing seperti whatsapp, facebook, dan instagram, serta selalu berupaya mengembangkan inovasi melalui peningkatan keterampilan dan kreativitas yang dimiliki dengan memanfaatkan kemajuan zaman dan teknologi.

Kata kunci: Strategi, Persaingan Usaha, dan Ekonomi Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:50
Last Modified: 12 Aug 2020 06:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item