Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh pemahaman mata pelajaran Fiqih terhadap pelaksanaan Shalat Fardhu siswa kelas III DI MIN 03 Metro Pusat

Zunita, Trisca (2020) Pengaruh pemahaman mata pelajaran Fiqih terhadap pelaksanaan Shalat Fardhu siswa kelas III DI MIN 03 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI TRISCA ZUNITA (1601010209).pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fiqih khususnya fiqih ibadah sangat membantu siswa menentukan kualitas pelaksanaan salat fardu. Pada hakikatnya fiqih ini memiliki kedudukan yang tinggi dan paling utama karena fiqih sangat berperan penting untuk memperbaiki ibadah salat dan mengangkat derajat manusia yang lebih tinggi. Masih banyak siswa yang belum menerapkan salat dengan baik. Siswa sering melalaikan salat serta meninggalkan, melakukan gerakan-gerakan yang tidak ada dalam salat. Siswa juga belum sempurna melafalkan niat serta bacaan dalam salat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemahaman mata pelajaran fiqih dalam pelaksanaan salat fardu siswa kelas III di MIN 03 Metro Pusat.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, objek tindakan ini adalah siswa kelas III di MIN 03 Metro Pusat dengan jumlah sampel 48 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis dan tes praktik yang ditujukan kepada siswa untuk mengetahui pengaruh pemahaman mata pelajaran fiqih terhadap pelaksanaan salat fardu. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui pemahaman mata pelajaran fiqih, sedangkan tes praktik untuk melihat pelaksanaan salat fardu siswa dilihat dari praktik salat subuh. Analisis data menggunakan perhitungan statistik menggunakan rumus koefisien korelasi linear yang diperoleh nilai sebesar0,667. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan taraf sig5% untuk N = 46 dan df = N-2 = 44 diperoleh angka 0,290 dan terlihat bahwa 0,667 > 0,290, maka ada pengaruh sehingga Ha diterima dan Hoditolak. Setelah itu diuji koefisien determinasi dan diketahui nilai r square adalah 0,445 atau sama dengan 44,5%. Angka tersebut mengandung arti bahwa pemahaman mata pelajaran fiqih ada pengaruh terhadap pelaksanaan salat fardu. Sedangkan (100% -44,5% = 55,5%) yang berarti 55,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kemudian diperoleh nilai sebesar3,28 dan diperoleh hasil yaitu 2,01290. Maka 3,28 > 2,01290 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemahaman mata pelajaran fiqih terhadap pelaksanaan shalat fardhu siswa kelas III di MIN 03 Metro Pusat.

Kata kunci: mata pelajaran fiqih, salat fardu, siswakelas III MIN 03 Metro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:48
Last Modified: 30 Jul 2020 03:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3706

Actions (login required)

View Item View Item