Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengelolaan Donasi Pelanggan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Alfamart Kota Metro)

Priyatna, Dicky Yudha (2020) Pengelolaan Donasi Pelanggan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Alfamart Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DICKY YUDHA PRIYATNA.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Islam telah mengajarkan bahwa aktifitas ekonomi tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai dasar yang telah ditetapkan dalam al-Qur’an, hadis Nabi dan sumber-sumber ajaran Islam lainnya, sebagaimana ekonomi konvensioanal ekonomi Islam juga membicarakan tentang aktifitas manusia dalam mendapatkan dan mengatur harta material ataupun non material dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sebagai manusia baik secara individual maupun kolektif yang menyangkut perolehan, pendistribusian ataupun penggunaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, hanya saja dalam ekonomi Islam segala aktifitas ekonomi tersebut harus didasarkan padanormadan tata aturan ajaran Islam yang terdapat dalam al-Qur’an, dan hadis serta sumber ajaran Islam lainnya.

Alfamart adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer dan sekunder, selebihnya semacam supermarket dan hypermart tapi pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat. Untuk berlangsungnya suatu program dan operasional alfamart di Kota Metro harus serius dalam menangani pengeolaan donasi pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan pengukuran keberhasilan kegiatan pengelolaan, guna untuk mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada. Apabila Alfamart Kota Metro aktif dan baik dalam merencanakan bentuk, pola dan strategi maka eksistensi alfamart dapat berlangsung lama dan berkembang.

Adapun pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan donasi pelanggan dalam perspektif etika bisnis Islam (studi Alfamart di Kota Metro)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan donasi pelanggan dalam perspektif etika bisnis Islam (studi Alfamart di Kota Metro). Jenis penelitian ini adalah field research, atau penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara interview, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara yuridis kualitatif yang kemudian akan di analisis untuk di tarik suatu kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengelolaan donasi pelanggan dalam perspektif etika bisnis Islam di Alfamart Kota Metro dapat disimpulan bahwa alfamart di Kota Metro dalam pengelolaan dan donasi pelanggan sudah sesuai dengan konsep etika bisnis Islam yaitu konsep ketuhanan, konsep kepemilikan harta, konsep benar baik, konsep tanggung jawab, konsep kejujuran dan konsep keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Aug 2020 08:53
Last Modified: 25 Aug 2020 08:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item