Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Ma’arif 1 Punggur

Ubaidillah, Tamim (2020) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Ma’arif 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI TAMIM UBAIDILLAH.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas penerapanpendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas X di MA Ma’arif 1 Punggur. Kajiannya dilatarbelakangi oleh substansi mata pelajaran Al-Qur'an Hadits yang memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan kegamaan (tauhid) dan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari, serta kecenderungan proses pembelajaran di kelas yang tidak menunjukkan pendidikan karakter, dari desain perencanaan yang masih cenderung berpusat kepada guru, KBM yang terjadi tidak kontekstual dengan kehidupan anak dan evaluasi akhir yang jarang dilakukan.

Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Ma’arif 1 Punggur. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologis dan analisis diskriptif. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Dan dari penelitian didapatkan hasil bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas X di MA Ma’arif 1 Punggur dilaksanakan dengan cara memberikan pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan kepada peserta didik yang didasarkan pada kegiatan eksplorasai, elaborasi, dan konfirmasi yang mengarahkan dan memfasilitasi peserta didik untuk menginternalisasi nilai atau karakter dalam diri pesertadidik.

Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MA Ma’arif 1 Punggur sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits.Melihat dari permasalahan yang terjadi di lapangan maka faktor pendukung yang paling utama dalam proses impelementasi pendidikan karakteradalah guru sebagai pemberi motivasi, pembimbing dan sebagai partisipan dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian tentu saja terdapat faktor penghambat dalam proses penerapan pendidikan karakter yang terdiri dari : faktor lingkungan sosial seperti salah bergaul dan memilih teman. Peranan yang dilakukan guru dalam impelementasi pendidikan karakter telah berjalan dengan baik, namun masih banyak yang perlu di evaluasi. Karena terbukti masih banyak siswa yang belum terdidik dalam aspek karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:17
Last Modified: 29 Jul 2020 06:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3722

Actions (login required)

View Item View Item