Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020

Toharudin, Muhamad (2020) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MUHAMAD TOHARUDIN (13105465).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAkelas V MIN 3 Kota Metro. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar, kurangnya fokus belajar siswa, dan kurangnya variasi dalam proses belajar mengajar.

Model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picturememiliki kelebihan untuk meningkatkan siswa agar berfikir logis dan sistematis, mengembangkan motivasi belajar siswa, dan lebih mengetahui kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAkelas V MIN 3 Kota Metro

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (pretest dan postest), lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi, aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52,3% dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 60,8%. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 65,2% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 86,96%.

Berdasarkan peningkatan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model Cooperative Learning Tipe Picture And Picturedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAkelas V MIN 3 Kota Metro Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan materi pokok Daur Hidup Hewan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:57
Last Modified: 29 Jul 2020 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3723

Actions (login required)

View Item View Item