Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan strategi pemasaran terhadap minat Nasabah dalam Pembiayaan Murabahah di PT.BPRS Lampung Timur

Nurkholifah, Septia (2020) Penerapan strategi pemasaran terhadap minat Nasabah dalam Pembiayaan Murabahah di PT.BPRS Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SEPTIA NURKHOLIFAH.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran adalah proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Dua sasaran pemasaran yangutama adalah menarik konsumen baru dengan menjanjikan nilai yang unggul dan mempertahankan konsumen saat ini dengan memberikan kepuasan. Dalam perbankan keberadaan strategi sangat penting dalam memasarkan produk sebaik apapun segmentasi pasar sasaran, danposisi pasar yang dilakukan tidak akan berjalan jika tidak diikuti dengan strategi yang tepat. Strategi adalah langkah-langkah yang harus dijalankan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan. Keberhasilan suatu perusahaan berdasarkan keahliannya dalam mengendalikan strategi pemasaran yang dimiliki. Konsep pemasaran yang sifatnya dapat dikendalikan dengan marketing mix(bauran pemasaran). Salah satunya lembaga keuangan yang berlandaskan syariah adalah BPRS Lampung Timur yang sudah memberikan pelayanan Perbankan kepada masyarakat Lampung Timur dalam hal penyediaan dana untuk kebutuhan konsumtif, termasuk produk dalam penyaluran dana dengan menggunakan akad sesuai hukum syariah, antara lain akad Murabahah(jual beli).

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan juga mengggunakan penelitian pustaka guna melengkapi data. Pengumpulan dan penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan hal positif dan sesuai terhadap praktek penerapan strategi pemasaran pada pembiayaan murabahah di BPRS Lampung Timur menggunakan bauran pemasaran (marketing mix)6P dari 7P, yaituProduct,Price,Place, Promotion, People,process. Pihak bank memasarkan pembiayaan murabahah melewati promosi (Promotion) dengan penyebaran brosur dengan melakukan door to door ke rumah nasabah atau instansi-instansi dan melakukan sosialisasi dilakukan setiap bulan. Dan yang mampu menarik perhatian atau minat nasabah adalah Price dan Promotion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:41
Last Modified: 29 Jul 2020 01:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3729

Actions (login required)

View Item View Item