Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengukuran Kinerja Personal Sellingaom Melalui Respon Nasabah KUR di BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung Kedaton

Dewi, Okvitaria Kurnia (2020) Pengukuran Kinerja Personal Sellingaom Melalui Respon Nasabah KUR di BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung Kedaton. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI OKVITARIA KURNIA DEWI 1502100290.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank BRI Syariah adalah lembaga yang bergerak di bidang perbankan dengan kegiatan menghimpun danadan menyalurkan dana dari masyarakat untuk masyarakat. Salah satu produk pembiayaan yang ada di BRI Syariah adalah produk Kredit Usaha Rakyat (KUR).Penyaluran KUR Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah KC Bandar LampungKedaton baru dimulai pada awal Maret 2017.Salah satu promosi penjualan personal (personal selling)yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Kantor CabangBandar Lampungyaitu strategi door to dooratau biasa disebut strategi passingyang merupakan strategi dimana kita sebagai penyedia jasa atau penjual produk melakukan kegiatan pemasaran secara aktif dengan menghubungi calon pelanggan satu persatuatau datang langsung ke lapangan seperti pasar, plasma (rumah makan), ataupun rumah warga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengukuran kinerja personal sellingAOM melalui ResponNasabah pada Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR)di BRI SyariahKC Bandar LampungKedaton.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung Kedaton melakukan pengukuran kinerja AOM dengan cara memperhitungkan apakah AOM sudah memenuhi target yang ditentukan, target tersebut yaitu sebesar 300juta/bulan untuk semua pembiayaan mikro termasuk produk Kredit Usaha Rakyat (KUR), Target tersebut bisa di capai apabila AOM bisa memasarkan produk tersebut dengan baik, dari segi promosinya, selain itu juga kedisplinan juga dinilai dalam pengukuran kinerja AOM itu bagus atau tidak, dilihat dari absensi dan ketepatan waktu, hubungan yang baik dengan nasabah menjadi salah satu pengukuran kinerja di Bank BRI Syariah, ketika hubungan kurang baik dengan nasabah maka akan menghambat ke hal lain juga. Secara umum strategi personal sellingyang digunakan AOM adalah dengan menggunakan strategi door to door atau biasa di sebut strategi passing, yaitu strategi dimana Account Officer Mikromelakukan kegiatan pemasaran secara aktif. Setiap hari wajib bagi AOM untuk kunjungan pasar atau plasma, ini salah satu bentuk dari strategi door to door juga, dan minimal kunjungan itu 10/hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:28
Last Modified: 29 Jul 2020 01:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3731

Actions (login required)

View Item View Item