Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Marketing Kampoeng Kelinci Payungi (Studi kasus di Kelurahan Yosomulyo, Metro Pusat, Kota Metro)

Rohman, Muhammad Toifur (2020) Analisis Strategi Marketing Kampoeng Kelinci Payungi (Studi kasus di Kelurahan Yosomulyo, Metro Pusat, Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI M TOIFUR ROHMAN.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran pariwisata diartikan sebagai suatu usaha untuk memudahkan terjadinya transaksi pariwisata bagi suatu golongan masyarakat yang berbeda-beda. Dalam hal ini, pemasaran juga dipandang sebagai proses manajemen suatu badan usaha kepariwisataan untuk mempengaruhi wisatawan agar mengunjungi tempat wisatanya.Tempat wisata tentunya akan menggunakan strategi marketing yang baik dan seefisien mungkin agar tempat wisatanya banyak dikunjungi wisatawan.Kenyamanan pengunjung, tempat yang menarik adalah dua contoh hasil dari strategi marketing.Kampoeng Kelinci Payungi adalah salah satu contoh pariwisata edukasi yang sangat mengedepankan kenyamanan pengunjung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketingyang diterapkan oleh Kampoeng Kelinci Payungi.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasidan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif..

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada Kampoeng Kelinci Payungi mengacu pada prinsip 4P, yaitu product (produk), price(harga), place(tempat), dan promotion(promosi). Dari segi produk, Kampoeng Kelinci Payungi memiliki kelinci-kelinci sebagai obyek yang menjadi daya tarik utamadengan jenis semi angora dan semi australia. Dari segi harga (price) di Kampoeng Kelinci Payungi cenderung bersaing dengan tempat wisata lainnya di Kota Metro. Dari segi place(lokasi), Kampoeng Kelinci Payungi memiliki tempar parkir yang luas dan dijamin keamanannyaserta taman yang nyaman dan enak dipandang. Selain itu Kampoeng Kelinci Payungi memiliki spot selfidengan interior taman mini yang ada di dalamnya. Kampoeng Kelinci Payungi juga menyajikan berbagai macam hamparan bunga yang cocok sebagai tempat untuk berfoto. Dari segi strategi promosi (promotion), Kampoeng Kelinci Payungi memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Youtube, dan Facebook.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:05
Last Modified: 29 Jul 2020 01:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item