Tiasto, Danang Enggar (2020) Endorsement sebagai alat pemasaran melalui media sosial dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah(Studi kasus Pelaku Endorsment di IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI DANANG.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berkembangnya media informasi di Indonesia menyebabkan banyaknya bentuk iklan dan macam iklan seperti pada media sosial Instagram.Saat ini Instagram sudah merambak menjadi suatu lahan bisnis untuk seseorang dalam mempromosikan dan menjual produk, barang atau jasa kepada pengguna Instagram lainnya.Untuk menarik minat konsumen, suatu perusahaan atau Online Shop menggunakan berbagai macam promosi. Salah satunya adalah pemasaran melalui endorsment.Endorsementadalah saluran dari komunikasi merek, dimana selebriti berperan sebagai juru bicara dan mendukung merek tersebut dengan segala atribut kepopuleran, kepribadian, dan status sosial selebriti tersebut.Namun seringkali endorseratau selebgram dalam mempromosikan suatu produk melalui media sosialnya tidak jujur atau memberikan persepsi yang keliru atau tidak sesuai dengan kualitas produk yang diiklankan kepada konsumen, hanya berdasarkan persepsi saja tidak sesuai dengan kenyataannya bahkan produk yang dipromosikan tidak digunakan secara real di kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana endorsment sebagai alat pemasaran melalui media sosial dalam perspektif hukum ekonomi syariah.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).Sedangkan sifat penelitian bersifat deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat peneliti simpulkan bahwa: Praktik endorsmentpada mahasiswa IAIN Metromasih terdapatselebgram yang tidak jujur atau memberikan persepsi yang mengandung unsur penipuan atau tidak sesuai dengan kualitas produk yang dipromosikan kepada konsumenserta promosi yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.Praktik endorsmentini diperbolehkan apabila sesuai dengan kaidah-kaidah islmiyah seorang endorser. Seperti menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tidak menampakkan aurat, tidak berisi maksiat atau fitnah dengan membanding-bandingkan produk yang dipromosikan dengan produk lain serta promosi yang mengandung pujian yang bersifat nyata dan benar serta tidak direkayasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Hukum Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 02:28 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 02:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3737 |
Actions (login required)
View Item |