Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Rumah Makan Ampera Melati Kota Metro

Sari, Popi (2020) Strategi Pemasaran Rumah Makan Ampera Melati Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI POPI SARI.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis usaha yang saat ini banyak digemari oleh para pengusaha yaitu usaha rumah makan. Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan itu serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Pertumbuhan bisnis rumah makan baik di kota-kota besar di Indonesia, sungguh sangat signifikan kenaikan jumlahnya, begitu banyak orang membuka investasi rumah makan. Berbagai variasi menu dan jenis etnik yang ditawarkan, aneka ragam interior design yang ditampilkan, hal ini yang sangat membanggakan perkembangan bisnis ini.Hal ini jugaberaku di Kota Metro dimana berdiri rumah-rumah makan yang menawarkan berbagai jenis makanan yang menggugah selera masyarakat, salah satunya yaitu Rumah Makan Ampera Melati Kota Metro.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Rumah Makan Ampera Melati Kota Metro.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan di Rumah Makan Ampera Melati Kota Metro tergolong ke dalam strategi 4 P, yaitu product (produk), price(harga), place(tempat), dan promotion (promosi).Dari segi produk, semua menu tersebut dimasak dengan rempah-rempah khas Minang dan dengan resep rahasia yang berasal dari keluarga secara turun-temurun. Dari segi harga (price) di Rumah Makan Ampera Melati Kota Metro cenderung bersaing dengan Rumah Makan lainnya di sekitaran Kota Metro. Dari segi place(lokasi), Rumah Makan Ampera Melati Kota Metro karena daerah ini ramai, strategis, dan aman. Lokasi ini tepat berada di pinggir jalan raya, dekat dengan pusat pendidikan, perkantoran, perbelanjaan, dan rumah sakit. Dari segi strategi promosi (promotion), digunakanlah media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh pelanggan. Namun yang paling efektif yaitu lewat sosialisasi instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:01
Last Modified: 28 Jul 2020 02:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3741

Actions (login required)

View Item View Item