Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi mempertahankan loyalitas konsumen usaha Laundry Arafah Perspektif Ekonomi Islam(Studi kasus 38 Banjarrejo Lampung Timur)

Dani, Ahmad (2020) Strategi mempertahankan loyalitas konsumen usaha Laundry Arafah Perspektif Ekonomi Islam(Studi kasus 38 Banjarrejo Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AHMAD DANI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Loyalitas dalam konteks bisnis di jelaskan sebagai keinginan pelanggan untuk berlangganan pada perusahaan terus menerus, membeli dan menggunakan produk dan jasa perusahan berulang kali dan merekomendasikan kepada orang lain. Sehubungan dengan strategi mempertahankankonsumen, mempelajari bahwa konsumen terlebih dahulu akan sangat bermanfaat dalam memudahkan pembisnis untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Loyalitas konsumen sangat penting dan di butuhkan semua orang yang memiliki usaha, salah satunyausaha Laundry Arafah yang berada di 38 Banjar Rejo Lampung Timur.

Penelitian ini secara umum membahas mengenai strategi mempertahankan loyalitas konsumen dalam perspektif ekonomi syariah dengan menggunakan teori-teori sebagai pijakan dalam menjawab permasalahan yang ada dilapangan. Teori yang digunakan peneliti guna menjawab pertanyaan peneliti ialah loyalitas konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitiannya adalah deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sehingga akan didapatkan data penelitian, yang kemudian data tersebut diolah menggunakan teknis analisis kualitatif dengan pola pikir induktif.

Dalam pelaksanaan strategi mempertahankan loyalitas konsumen antara usaha laundry arafah terhadap konsumennya, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi sikap konsumen memiliki kepercayaan untuk menggunakan jasa laundry arafah. Kualitas pelayanan yang baik menjadi hal pokok yang membuat usaha laundry arafah di pilih oleh para pelanggannya. Kemudian selain kualitas pelayanan, laundry arafah juga melakukan promosi sebagai salah satu bentuk strategi mempertahankan loyalitas konsumen. Promosinya ialah dengan menawarkan harga yang bersaing yang selalu di promosikan melalui media sosial secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:46
Last Modified: 28 Jul 2020 01:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item