Adiati, Fifi (2020) Upaya Guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui bermain peran di TK Darul Muhtadin Pancawarna Kabupaten Mesuji. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
FIFI ADIATI.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan pada anak kelompok B di TK Darul Muhtadin terkait dengan kemampuan perkembangan sosial emosional pada anak masih memerlukan stimulasi karena kurangnya kemampuan untuk membangun perkembangan sosial emosional anak dengan orang lain masih perlu dikembangkan. Dari permasalahan itu maka diperlukan suatu perbaikan yang dapat meningkatkan suatu kemampuan perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Darul Muhtadin. Anak-anak memerlukan kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan serta merupakan aktivitas yang tidak sering dilakukan salah satunya ialah bermain peran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain peran di TK Darul Muhtadin. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain peran di TK Darul Muhtadin. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang bermain peran dan memberikan masukan bagi guru agar mampu mengolah pembelajaran dengan menggunakan metode pengajaran yang mampu meningkatkan kelima aspek perkembangan anak.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 17 anak kelompok B TK Darul Muhtadin, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Peningkatan sosial emosional dikatakan berhasil apabila 14 dari 17 jumlah anak termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional. Perkembangan sosial emosional anak sebelum dilakukan tindakan penelitian tidak ada anak yang masuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan pada siklus I, perkembangan sosial emosional anak meningkat sebanyak 5 anak dengan presentase 29%, dan pada siklus II meningkat hingga 14 anak dengan presentase 82% kriteria berkembang sangat baik. Jadi pada siklus I dan II mengalami peningkatan sebanyak 56%. Dalam pembelajaran menggunakan metode bermain peran, guru menjelaskan tata cara dan aturan yang akan dilakukan anak dalam kegiatan bermain peran. Selanjutnya anak dapat mencoba mempraktikkan, kegiatan bermain peran yang telah diberikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:10 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3754 |
Actions (login required)
View Item |