Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-faktor rendahnya minat Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di Nuwo Intan Kota Metro

Ratmanti, Yepi (2020) Faktor-faktor rendahnya minat Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di Nuwo Intan Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pedagang kaki lima adalah orang-orang golongan ekonomi lemah, yang berjualan barang–barang kebutuhan sehari-hari, makanan, atau jasa yang modalnya relatif sangat kecil, modal sendiri atau modal orang lain, baik berjualan di tempat terlarang maupun tidak. Pedagang Kaki Lima merupakan pedagang yang terdiri dari orang–orang yang menjual barang–barang atau jasa dari tempat-tempat masyarakat umum, terutama di jalan–jalan atau di trotoar. Salah satu tempat yang disediakan oleh pemerintah kota Metro yakni di Nuwo Intan Metro Timur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Pedagang Kaki Lima Berjualan di Nuwo Intan Kota Metro.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field research), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan cara berfikir induktif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Wawancara dilakukan kepada para bedagang kaki lima (PKL) baik yang masih ada di Nuwo Intan ataupun yang sudah tidak lagi berjualan di Nuwo Intan. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan jual beli secara langsung, dan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi yang berupa data-data terkait dengan kegiatan jual beli para pedagang kaki lima.

Hasil penelitian ini menunjukkan ada banyak faktor yang menyebabkan para pedagang kaki lima (PKL) kurang berminat untuk berjualan di Nuwo Intan kota Metro, daribanyaknya faktor terdapat 5 faktor yang sangat dominan dalam mempengaruhi minat para pedagang kaki lima yaitu diantaranya: Lingkungan Pemasaran pelaku pedagang kaki lima enggan untuk berpindah tempat berjualan ke Nuwo Intan karena Lingkungan Pemasaran yang ada di Nuwo Intan kurang strategis, dimana di Nuwo Intan sangat sepi pengunjung dan menyebabkan menurunya pendapatan para PKL yang ada di Nuwo Intan, Bahan Baku, bahan baku yang mudah di dapat didapatkan di toko-toko dan tidak dengan musim, hal ini sangat berpengaruh dengan penjualan sebab bahan baku sulit didapat maka produk tidak ada untuk dijuala, Harga yang tidak Stabil kualitas dengan adanya daya saing maka para PKL membuat produk yang baik maka konsumenpun akan mampu memilih yang terbaik mempertahankan kualitas produknya agar tetap terjaga dengan baik, Masuknya Pedagang Baru Masuknya pendatang baru dalam usaha dapat meningkatkan intensitas persaingan antar pelaku usaha.Masuknya pendatang baru tergantung pada mudah tidaknya hambatan masuk dalam usaha, dan Promosi yang tidak Merata, dengan mengandalkan kualitas harga, rasa, dan efisiensi produk makanan yang djual menjadi salah satu faktor utaman penunjang promisi yang lakukan.

Kata Kunci: Pedagang Kaki Lima, Nuwo Intan Metro Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:43
Last Modified: 19 Aug 2020 06:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item