Amin, Nur (2020) Penggunaan Metode Sorogan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Ekstrakurikuler BTQ MTs Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NUR AMIN.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan metode belajar merupaKan salah satu faKtor di seKolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Setiap metode mengajar yang dipilih dan digunaKan, berpengaruh langsung maupun tidaK langsung terhadap pencapaian hasil belajar yang diharapKan. Oleh Karena itu pemilihan metode yang tepat sesuai dengan materi yang diajarKan, hendaKnya diperhatiKan guru pada saat perncanaan program pembelajaran, dan pada saat proses pembelajaran di Kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ApaKah penggunaan metode Sorogan dapat meningKatKan Kemampuan membaca Al-Quran siswa eKtsraKuriKuler BTQ madrasah tsanawiyah (MTs) Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun pelajaran 2019/2020?. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuK meningKatKan Kemampuan membaca Al-Quran siswa eKtsraKuriKuler BTQ madrasah tsanawiyah (MTs) Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun pelajaran 2019/2020. Desain yang digunaKan dalam penelitian ini adalah penelitian tindaKan Kelas dengan 2 siKlus. Setiap siKlus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data menggunaKan tes membaca, dan analisis data menggunaKan rumus N-Gain.
BerdasarKan hasil penelitian diKetahui bahwapenggunaan model metode Sorogandapat meningKatKan Kemampuan membaca Al-Quran siswa Kelas eKstraKuriKuler BTQ MTs Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari Kemampuan membaca AlQuran siswa yang mengalami peningKatan dari siKlus I Ke siKlus II. Sebelum penggunaan metode sorogan, persentase Ketuntasan tes membaca Al-Quran sebesar 26,92 %, sedangKan pada pos-test 1 persentase Ketuntasan sebesar 65,38% dan pada pos-tes 2 sebesar 88,46%. PeningKatan Ketuntasan dari pre-tes Ke pos-tes 1 sebesar 38,46 dari pre test Ke pos-test 2 sebesar 61,53% dan dari pos-test 1 Ke pos-test 2 sebesar 23,08%.Pada siKlus I diperoleh N-Gain score 0,46dan pada siKlus II diperoleh N-Gain score 0,62. Hal ini berarti terjadi peningKatan dari siKlus I Ke siKlus II yaitu 0,26 dan menjadi gain score sedang. PeningKatan ini terjadi Karena KetelaKsanaan pembelajaran pada siKlus II lebih baiK jiKa dibandingKan dengan siKlus I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 03:34 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 03:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3762 |
Actions (login required)
View Item |