Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Marketing Mix Dalam Creation Brand Kuliner Milenial (Studi Kasus Lokal Coffee Di Kota Metro)

Pamela, Sonia (2020) Analisis Marketing Mix Dalam Creation Brand Kuliner Milenial (Studi Kasus Lokal Coffee Di Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SONIA PAMELA 1602040155.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Marketing mix merupakan suatu strategi pemasaran yang berguna dalam menciptakan sebuah brand produk perusahaan dengan menggunakan beberapa variabel seperti product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Merek (brand) adalah simbol pengejawantahan seluruh informasi yang berkait dengan produk atau jasa sebagai visualisasi dari citra yang ingin ditanamkan di benak konsumen baik berupa nama, logo, warna, gambar maupun tipografi. Konsumen yang saat ini menjadi pangsa pasar adalah generasi milenial sehingga banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menjadikan produknya menarik di mata generasi yang lahir pada rentang tahun 1990 sampai 2000 tersebut.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis segala bentuk implementasi konsep bauran pemasaran oleh Lokal Coffee di Kota Metro dalam mengkreasikan produknya sebagai brand kuliner milenial serta mengetahui bagaimana brand image Lokal Coffee Kota Metro di mata generasi milenial yang menjadi konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verification.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lokal Coffee dalam mengkreasikan brand minumannya sebagai kuliner bagi generasi milenial adalah menggunakan elemen bauran pemasaran 7P. Produk Lokal Coffee berupa minuman yang terbuat dari bahan dasar kopi dan non kopi. Harga setiap minuman ditentukan dengan mempertimbangkan biaya bahan baku, teknik pembuatan, dan cara penyajian. Tempat atau saluran distribusi produk Lokal Coffee dapat dijangkau secara offline yaitu di lokasi operasional perusahaan maupun online. Promosi secara penuh diumumkan di akun sosial media dan dilaksanakan di lokasi Lokal Coffee. People yang berperan dalam kegiatan pemasaran mencakup pihak Lokal Coffee dan costumer. Bukti fisik mengutamakan kenyamanan dan atmosfer ruangan. Proses meliputi pemesanan, penyajian, dan pembayaran baik secara tunai maupun via aplikasi Gopay. Adapun Brand image Lokal Coffee secara keseluruhan dapat dikatakan baik di mata generasi milenial yang menjadi costumer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:34
Last Modified: 02 Sep 2020 03:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

View Item View Item