Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis bauran pemasaran dalam menarik minat Konsumen (Studi di Jaya Bakery Metro)

Angelia, Lady Ros (2020) Analisis bauran pemasaran dalam menarik minat Konsumen (Studi di Jaya Bakery Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
LADY ROS ANGELIA NPM. 14118564.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penarapan bauran pemasaran pada perusahaan atau bisnis sangat berpengaruh mendorong perkembangan bisnis. Variabel dari bauran pemasaran yang Jaya Bakery terapkan yaitu Produk, Harga, Distribusi/Tempat, dan Promosi. Kesuksesan sebuah pemasaran ditentukan oleh kemampuan seorang pebisnis memaksimalkan empat variabel tersebut. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian terkait analisis bauran pemasaran dalam menarik minat konsumen Jaya Bakery, apakah sudah sesuai dengan etika pemasaran dalam Islam.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan(Field Researchi), sedangkan sifat penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer diperoleh dari Kepala Cabang Jaya Bakery Metro, Karyawandan Konsumen Jaya Bakery. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan bauran pemasaran, perilaku konsumen, dan etika pemasaran Islam diantaranya Pengantar Bisnis, Manajemen Bisnis, Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, dan Pemasaran SyariahMetode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data, peneliti menggunakananalisis data kualitatif dengan menggunakan cara berpikir deduktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Jaya Bakery Jaya Bakery sudah menjalankan strategi bauran pemasaran produk, harga, distribusi/tempat, dan promosi dengan sesuai teori bauran pemasaran, sehingga mengalami peningkatan minat konsumen dan peningkatan pendapatan. Hanya saja Jaya Bakery belum maksimal melakukan kegiatan promosi.Tinjauan etika pemasaran Islam terhadap bauran pemasaran dalam menarik minat konsumen yang digunakan Jaya Bakery belum berjalan dengan sesuai berjalan dengan sesuai. Jaya Bakery masih belum memenuhi etika pemasaran dalam Islam dalm konteks Produk, yakni pihak Jaya Bakery belum mendaftarkan produknya di MUI. Sedangkan etika pemasaran Islam dalam konteks Harga, Distribusi/Tempat, dan Promosi sudah dijalan dengan sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:21
Last Modified: 19 Aug 2020 06:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item