Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Pra Pensiun untuk menarik minat Masyarakat(Studi kasus Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung)

Saputra, Fikri Ade (2020) Strategi Pemasaran Produk Pra Pensiun untuk menarik minat Masyarakat(Studi kasus Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
sKRIPSI Fikri Ade Saputra.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank syariah mandiri merupakan bank milik pemerintah pertama yang berlandaskan oprasionalnya pada prinsip syariah. Salah satu produknya yaitu produk pembiayaan pra pensiun.Pembiayaan pra pensiun merupakan produk baru yang mulai berjalan pada tahun 2018.Dalam memasarkan produk pembiayaan pra penisun di bank syariah mandiri Teluk Betung Bandar Lampung agardapat menarik minat masyarakattidaklah mudah, karena masih banyak masyarakat umum yang belum mengetahui mengenai produk pembiayaan pra pensiun, disamping itu tidak adanya brosur pada produk pra pensiun ini juga mempengarui pemahaman calon nasabah terhadap produk pra pensiun. Oleh karna itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat demi keberhasilan perusahaan. penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk pra pensiun untuk menarik minat masyarakat di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Teluk Betung Bandar Lampung.

Jenis penelitian yang digunakan adalah peneitian lapangan ( Field Risearch ), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada karyawan Bank Syariah Mandiri Teluk Betung Bandar Lampung dan masyarakat umum. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagaibahan informasi berupa data-data terkait strategi pemasaran produk pra pensiun untuk menarik minat masyarakat.

Hasil dari penelitian, penelitimenemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Teluk Betung adalah menggunakan bauran pemasaran atau (Marketing Mix) 7P, , Produk (Product), Harga (Price), Promotions(Promosi), Place(Tempat), People(orang atau manusia), Process(proses), Physical Evidence(bukti fisik), adapun strategi khusus yang dilakukan oleh Bank Mandiri KCP Teluk Betung Bandar Lampung menggunakan penjualan pribadi (Personal selling), publikasi (Publisitas) dan (Direc sales) mendatangi rumah calon nasabah, dalam menarik minat masyarakat. Dan dapat disumpulkan bahwa masyarakat belum tertarik kepada produk ini karna kurangnyasosialisasi, tidak ada brosur khusus terhadap produk ini, dan ada juga yang sudah menajdi nasabah di bank lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:26
Last Modified: 19 Aug 2020 02:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item