Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan pengembangan produk dengan peningkatan volume penjualan Kripik Pisang Tunas Perspektif Etika Bisnis Islam(Studi pada usaha Kripik Pisang Tunas di Metro Timur Kota Metro)

Selawati, . (2020) Hubungan pengembangan produk dengan peningkatan volume penjualan Kripik Pisang Tunas Perspektif Etika Bisnis Islam(Studi pada usaha Kripik Pisang Tunas di Metro Timur Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SELAWATI.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah menarik pelanggan dan dapat mempertahankan pelanggan tersebut. Kesuksesan dalam persaingan akan dapat dipenuhi apabila perusahaan bisa menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Pertanyaan dalam penelitin ini adalah:Bagaimana hubungan pengembangan produk terhadap volume penjualan kripik pisang tugas perspektif etika bisnis Islam ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:Untuk mengetahui bagaimana hubungan pengembangan produk terhadap volume penjualan kripik pisang tugas perspektif etika bisnis Islam.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalahpenelitian lapangan(field research).Sumber data yang digunakna dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode wawancara inipeneliti gunakan untuk mendapatkan informasi yang konkrit mengenai pengembangan produk dengan volume penjualan kripik pisang tunas. Metode dokumentasi adalam penelitian ini penulis pergunakan untuk memperoleh data tentang sejarah berdirinya KelurahanMetro Timur, truktur organisasi KelurahanMetro Timur, jumlah pendudukKelurahanMetro Timur dan sejarah berdirinya kripik pisang tunas dan jumlah karyawan.

Hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa usaha keripik pisang tunas memiliki tingkat produksi yang setiap tahunnya meningkat. Perkembangan industri yang sudah enam tahun berdiri dalam aset penjualannya senantiasa mengalami kenaikan kuantitas. Usaha keripik pisang tunas pernah mengalami pasang surut penjualan yangdipengaruhi oleh faktor pendukung baik dari internal perusahaan atau dari luar perusahaan yaitu produk, tempat produksi, kemasan, hari besar agama dan masa liburan sekolah, sedangkan faktor penghambat bagi jalannya perusahaan adalah faktor keterlambatan bahan baku pisang kepok.Dalam memproduksi dan transaksi penjualan keripik pisang tunas menggunakan aturan pada prinsip-prinsip etika bisnis Islam, usaha keripik pisang tunas sudah memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor: 070607. 1872. 039 dan sertifikat Halal Nomor: 02100006880714.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:16
Last Modified: 19 Aug 2020 03:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item View Item