Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Make a Match pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 4 Reno Basuki Rumbia

Sari, Meta Kartika (2020) Penerapan Model Pembelajaran Make a Match pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 4 Reno Basuki Rumbia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
META KARTIKA SARI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses mendidik dan menuntun siswa untuk mencapai tujuan tertentu dalam wujud perubahan-perubahan positif dalam diri siswa. Proses pendidikan tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran dikelas. Kegiatan pembelajaran sangat ditentukan oleh kerjasama antara guru dan siswa. Oleh karena itu, diperlukan kreatifitas dan gagasan yang baru untuk mengembangkan cara penyajian materi pembelajaran di sekolah. Kreatifitas yang dimaksud adalah kemampuan seorang guru dalammemilih metode, model, pendekatan, dan media yang tepat dalam penyajian materi pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana penerapan model pembelajaran Make a Match pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Reno Basuki Rumbia?”, “apa sajakah kendala yang dihadapi guru saat menerapkan model pembelajaran Make a Match?”, serta “bagaimana cara guru mengatasi kendala dalam penerapan model pembelajaran Make a Match?”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan modelpembelajaran Make a Match pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Reno Basuki Rumbia, kendala yang ada saat menerapkan model pembelajaran Make a Match, serta cara guru dalam mengatasi kendala ketika menerapkan model pembelajaran Make a Match.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mengambil lokasi di SD Negeri 4 Reno Basuki Rumbia, Lampung Tengah.Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode Observasi, metode Wawancara, dan metode Dokumentasi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara observasi bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match pada pembelajaran IPA sangat menarik perhatian siswa, sehingga siswa tertarik dengan model pembelajaran yang diterapkan, serta siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, karena dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match ini siswa di ajak secara langsung ikut serta dalam permainan mencocokan kartu pertanyaan dan jawaban, serta keadaan atau suasana dalam pembelajaran menjadi menyenangkan. Berdasarkan analisis data yang diadakan di SD Negeri 4 Reno Basuki Rumbia Lampung Tengah dapat disimpulkan dan dipahami bahwa penerapan model pembelajaran menggunakan Make A Matchdalam pembelajaran IPA dapat membuat suasana atau kondisi kelas menjadi menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:09
Last Modified: 11 Sep 2020 02:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item