Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jaya

Ulfa, Ricka Alimatul (2020) Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RICKA ALIMATUL ULFA.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode Qiroati adalah metode membaca Al-Quran yang langsung memkalai atau mempraktekkan bacaan tartil yang sesui dengan qoidah ilmu tajwid yang praktis, sederhana, dan juga dapat dilakukan sedikit demi sedikit yang artinya tidak menambah ke halaman selanjutnya sebelum membaca dengan lancar.

Hambatan dalam proses belajar membaca Al-Quran pada mata Pelajaran Al-Quran Hadits bahwasannya dalam mengajarkan membaca Al-Quran, guru belum menggunakan metode apa-apa hanya membaca biasa. Oleh karena itu masih terdapat beberapa siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Quran karena merasa metode yang dignakan kurang efektif dan terkesan mnoton dan membuat siswa merasa bosan dalam prose belajar mengajar.

Peneliian ini dimaksudkan untuk mengetahui Bagaimana implementasi metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MI Darussalam Merandung Jaya.

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MI Darussalam Merandung Jaya. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi guru dan wawasan terhadap peneliti.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini peneliti akan menggambarkan implementasi metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Sedangkan sifat penelitiannya adalah bersifat deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah MI Darussalam Merandung Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk teknik analisi data yang digunakan adalah pengumpylan data, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa dengan bukti adanya peningkatan nilai siswa dalam membaca Al-Quran jika dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Dalam pelaksanaan metode Qiroati ini yaitu dengan mencontohkan bacaan yang benar yang kemudian siswa membaca bersama-sama. Sehingga dengan metode Qiroati siswa dapat mengetahui bagaimana cara membaca yang benar dan dapat belajar dengan menyenangkan.

Kata Kunci : Metode Qiroati dan Kemampuan Membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:33
Last Modified: 22 Sep 2020 04:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item