Zuhri, Muhammad (2020) Implementasi Taksonomi Bloom dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darusy Syafa’ah Kotagajah Tahun Ajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TESIS MUHAMMAD ZUHRI.PDF - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Peneliti ini membahas tentang Implementasi Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana Implementasi Taksonomi Bloom dalam Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darusy Syafa'ah Kotagajah Tahun 2019/2020 ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Taksonomi Bloom dalam Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darusy Syafa’ah Kotagajah Tahun 2019/2020.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, dan wawancara. Dengan menggunakan metode penelitian analisis data secara sistematis yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan 3 aspek taksonomi Bloom yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Tahap pelaksanaan, guru menerapkan aspek kognitif pada tingkatan pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan evaluasi. Aspek afektif dilihat pada tingkatan penerimaan, partisipasi, pembentukan pola hidup, sedangkan aspek psikomotor dilihat pada tingkatan gerakan kompleks, dan gerakan biasa. Pada proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini guru juga menerapkan taksonomi Bloom pada aspek kognitif ditingkatan pengetahuan. Aspek afektif pada tingkatan penerimaan, partisipasi, dan pembentukan pola hidup sedangkan psikomotor siswa pada tingkatan gerakan kompleks.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 02:35 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 02:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3821 |
Actions (login required)
View Item |