Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Walisongo

Rohimah, Marwatur (2020) Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Walisongo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MARWATUR ROHIMAH NPM. 1601050020.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Inquiry Terbimbing merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Melalui model pembelajaran Inquiry Terbimbing, siswa dituntut untuk memahami sendiri konsep dari suatu mata pelajaran. Maka pertanyaan peneliti bagaimana pembelajaran inquiry terbimbing pada mata pelajaran aqidah akhlak, apa kendala dan bagaimana solusi dalam pembelajaran aqidah akhlak dengan tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran inquiry terbimbing pada mata pelajaran aqidah akhlak, untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran dan mendeskripsikan solusi kendala pembelajaran aqidah akhlak. Dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif yakni teknik pengmpulan data menggunakan metode interview metode observasi, metode dokumentasi dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif hermaneutik.

Pembelajaran inquiry terbimbing pada mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Walisongo yakni siswa dilatih untuk lebih mandiri dan memiliki keterampilan psikomotorik untuk mengerjakan soal atau permasalahan yang diberikan oleh guru tetapi tetap dibimbing dalam memecahkan permasalahan yang sedang dibahas. Siswa menjadi subjek belajar yang harus berfikir sistematis, logis dan kritis serta memiliki mental untuk mencoba hal baru. Kendala yang dialami saat proses penggunaan pembelajaran inquiry terbimbing pada mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas IV adalah tidak adanya proyektor, sangat sulit mengondisikan peserta didik sebab karakter mereka yang keras dan susah diatur, pada kelas IV terdapat peserta didik yang sulit menghafal. Mengatasi kendala dalam pembelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Walisongo dengan melakukan dialog intensif dan melakukan tanya jawab, pengelolaan kelas, menjelaskan materi berulang-ulang dan meningkatkan motivasi peserta didik, penggunaan media pembelajaran seperti gambar dan disertai lagu.

Kata kunci : Pembelajaran, Inquiry Terbimbing, Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:05
Last Modified: 07 Oct 2020 02:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3823

Actions (login required)

View Item View Item