Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Secara Kredit Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Desa Adijaya Kecamatan Pekalongan Lampung Timur)

Ariska, Fian (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Secara Kredit Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Desa Adijaya Kecamatan Pekalongan Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FIAN ARISKA.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelian dengan cara kredit adalah suatu pembelian yang dilakukan terhadap suatu barang, yang pembayaran harga barang tersebut dilakukan secara berangsurangsur sesuai dengan tahapan pembayaran yang telah disepakati kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli. Jumlah angsuran dan jangka waktu pembayaran perlu kesepakatan yang jelas antara penjual dan pembeli sehingga tidak akan memberatkan pihak pembeli. Karena transaksi secara kredit ini harus ditulis agar jelas.

Jual beli kredit merupakan mekanisme jual beli dimana harga barang dibayarkan secara berkala (cicilan) dalam jangka waktu yang disepakati, dimana penjual harus menyerahkan barang secara kontan sedangkan pembeli membayar harga barang secara cicilan dengan jumlah dan jangka waktu tertentu. Cara jual beli kredit ini tidak dilarang dalam islam, karena dengan adanya sistem kredit dapat memudahkan seseorang untuk mendapatkan barang yang diinginkan karena tidak perlu adanya uang tunai untuk mendapatkannya. bahwa dalam transaksi jual beli harus memperhatikan rukun dan syarat yang telah disyariatkan islam, agar dalam bertransaksi terjadi kesinambungan antara kedua belah pihak dan adanya kesepakatan tanpa adanya paksaan.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pakaian secara kredit di Desa adijaya pekalongan lampung timur ditinjau dari etika bisnis islam, penelitian mengunakan metode kualitatif lapangan (fieldresearch). Informasi yang dibutuhkan dalam hal ini adalah konsumen dan pedagang yang melakukan transaksi jual beli kredit di Desa Adijaya Kecamatan Pekalongan Lampung Timur.

Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah para pembeli pakaian secara kredit di Desa Adijaya Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. faktor yang paling utama yang di utarakan dari responden tentang ketertarikan mereka terhadap pembelian yang di dalamnya meliputi kejujuran, karena kejujuranlah yang menjadi faktor terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pedagang dan yang paling diharapkan oleh seorang pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:40
Last Modified: 16 Mar 2021 07:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item