Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Marketing melalui Media Sosial dan dampaknya terhadap pilihan Akad Jual Beli

Hartato, Probo (2020) Marketing melalui Media Sosial dan dampaknya terhadap pilihan Akad Jual Beli. Marketing melalui Media Sosial dan dampaknya terhadap pilihan Akad Jual Beli.

[img]
Preview
PDF
JURNAL PROBO HARTATO REVISI.pdf - Other

Download (713kB) | Preview

Abstract

Marketing atau pemasaranyang baik dan tepat sangat diperlukan bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan daya jual dari suatu barang. Di era modern ini kecanggihan internet memungkinkan pelaku bisnis menawarkan barang dan bertransaksi tanpa harus saling berhadapan secara fisik bahkan barang yang ditawarkan tidak perlu ada secara fisik dihadapan konsumen hanya melalui sebuah foto/gambar dan video, sehingga pelaku bisnis dapat menghemat biaya, tempat dan waktu. Tetapi, dalam suatu strategi pemasaran dapat berpeluang mengubah akad yang dilakukan penjual dan pembeli. Dalam bisnisnya Susie shop menerapkan strategipemasaran tradisional/konvesional dan strategi pemasaran model baru melalui sosial media. Pemasaran tradisional/ konvensional menggunakan banner yang terpasang didepan toko Susie shop, sedangkan dalam strategi melalui media sosial Susie shop menggunakan WhatsApp dan Facebook. Penggunaan media sosial dinilai lebih efektif bahkan meningkatkan omset penjualan dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional. Dari pemasaran melalui media sosial jenis transaksi yang digunakan Susie shop yaitu jual beli langsung, jual beli istisna’, dan jual beli kredit, ketiga jenis transaksi tersebut diterapkanSusie shop sesuai dengantransaksi jual beli menurut Hukum Ekonomi Syariah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian “Pendekatan Deskriptif Kualitatif” dengan teknikpengumpulan data “observasi, wawancara dan dokumentasi”.Kata kunci: StrategiPemasaran, Media Sosial, Model Akad.

Item Type: Article
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:53
Last Modified: 13 Aug 2020 03:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item View Item