Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Pakuan Aji Tahun Pelajaran 2019/2020

Safitri, Dian (2019) Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Pakuan Aji Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DIAN SAFITRI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran Matematika antara lain adalah pembelajaran Matematika belum menggunakan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament), pembelajaran masih bersifat teacher centered, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika masih rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental desain Pretest postest Control Grup Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapat perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SDN 1 Pakuan Aji. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Pada penelitian ini sampel yang peneliti
gunakan berjumlah 49 peserta didik, dengan penjabaran 28 peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament), sedangkan 21 peserta didik kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji t independent sample t test menggunakan bantuan software spss. Untuk melihat peningkatan data hasil belajar peneliti menggunkan N-Gain ternormalisasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (pembelajaran TGT) dengan peserta didik di kelas kontrol(pembelajaran langsung). Pada kelas eksperimen yang mendapatkan kategori tinggi berjumlah 1 peserta didik, untuk yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 19 peserta didik untuk peserta didik yang mendapat kategori rendah berjumlah 7 peserta didik dan untuk yang mendapatkan kategori tetap berjumlah 1 peserta didik. Sedangkan untuk hasil N-Gain kelas kontrol yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 14 peserta didik dan yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT(Team Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika SD.

Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournament), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:45
Last Modified: 26 Dec 2019 03:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item