Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perlindungan konsumen dari Produk Pangan Kadaluarsa ditinjau dari Undang-Undang No. 08 Tahun 1999

Karisma, Linang (2020) Perlindungan konsumen dari Produk Pangan Kadaluarsa ditinjau dari Undang-Undang No. 08 Tahun 1999. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SKRIPSI LINANG KARISMA.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kadaluarsa merupakan suatu kondisi dimana suatu produk sudah dikatakan tidak layak karena sudah lewat waktu yang ditentukan layak pada kemasannya.Kondisi produk yang sudah tidak layak ini tentu juga tidak layak jual, dan konsumen juga harus cerdas dalam membeli suatu produk dengan cara teliti sebelum membeli.Beredarnya makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang kadaluarsa memang tidak lepas dari tanggung jawab pemerintah sebagai pihak yang berwenang membuat peraturan. Dalam hal ini Undang–Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen telah mengatur hal tersebut.

Penelitian ini bertujuan untukbentuk perlindungan konsumen dari produk pangan kadaluarsa ditinjau dari Undang-Undang No. 08 Tahun 1999.Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research).Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi kepustakaan. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir deduktif.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk perlindungan konsumen dari produk pangan kadaluarsa ditinjau dari Undang-Undang No. 08 Tahun 1999adalah ganti rugi berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Selain itu, konsumen yang menderita produk pangan kadaluarsa akan mendapat perlindungan hukum secara preventif dan perlindungan hukum secara represif. Jika konsumen tidak mendapatkan pertanggungjawabandari pihak pelaku usaha terhadap kerugian yang diderita, maka konsumen dapat melaporkannya kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen di kota terdekat. Penyelesaian sengketa konsumen dapat dilakukan dengan cara litigasi dan non litigasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:35
Last Modified: 12 Aug 2020 07:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item