Meliawati, Eka (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 4 Rama Puja Kec Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI FIX EKA MELIAWATI (1601050050).pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendekatakan kontekstual merupakan pendekatakan yang dikembangkan dengan tujuan agar proses pembelajaran berjalan aktif, produktif dan memilki makna dalam kehidupan siswa. Tidak hanya menekankan pada pengetahuan kognitif saja tetapi juga pada afektif dan psikomotorik. Namun masih terdapat beberapa siswa yang sulit memahami dan menerapkan materi yang disampaikan, terpengaruh dengan agama lain yang terlihat lebih menarik dan mudah, berkelahi dengan teman sehingga menimbulkan kesalahfahaman antar wali murid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstualpada mata pelajaran PAI, faktor pendukung, faktor penghambat penerapan model pembelajaran kontektual pada mata pelajaran PAI.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek berasal dari guru mata pelajaran PAI dan Kepala Sekolah.Dari hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI sudah berjalan dan dapat dikategorikan baik namun belum maksimal. Hal tersebut karena adanya penghambat dari diri siswa terseut yaitu masih terdapat siswa yang bergantung kepada guru.
Kata Kunci:Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 07:54 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 07:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3871 |
Actions (login required)
View Item |