Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur

Nia, Rostati (2020) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ROSTATI NIA_BAURNING 2.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran tentu semua guru menginginkan hasil yang optimal, namun tidak semua cara setiap peserta didik mampu menerima pelajaran dapat diterima sesuai dengan gaya belajar mereka. Sehingga membuat hasil belajar mereka pun juga berbeda. Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kesulitan atau kemudahan cara siswa dalam menerima pelajaran yang berbeda dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah.

Pertanyaan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh gaya belajar siswa terhadaphasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islamsiswa kelas IV SD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh gaya belajar siswa terhadaphasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV di SDN 5 Metro Timur. Penelitian ini di didesain dengan deskriptif kuantitatif. Populasinya sebanyak 67 siswa dan sampel sebanyak 23siswa. Metodepengumpulan datayang di gunakan dalam penelitian ini metode angket dan dokumentasi, serta teknik analisis data statistic penulis gunakan untuk menganalisa data yang terkumpul dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment.

Berdasarkan perhitungan dan analisis data peneliti lakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil rhitung lebih besar dari rtabel setelah dilakukan perhitungan dengan rumus product momentserta diberikan interpretasi dan dikonsultasikan dengan “r” product moment dengan df 21 maka diperoleh hasil “r” hitung lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% sehingga hipotesis tersebut dapat diterima. Dari hasil konsultasi tersebut dapat dinyatakan bahwa rxyyaitu 0,884lebih besar daripada rtabel pada taraf 5% sebesar 0,4132 dapat diformulasikan sebagai berikut 0,884>0,4132 menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IV SDN 5 Metro Timur.

Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:20
Last Modified: 03 Sep 2020 08:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item