Sari, Nunung Puspita (2020) Pemenuhan hak konsumen pada Peserta BPJS kesehatan di Rumah Sakit Islam Metro. Pemenuhan hak konsumen pada Peserta BPJS kesehatan di Rumah Sakit Islam Metro.
|
PDF
Jurnal NUNUNG PUSPITA SARI revisi baru 1..pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rumah Sakit Islam Metro melakukan kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan, perjanjian kerjasama yang dilakukan tidak hanya sekadar menunaikan hak dan kewajiban bagi peserta BPJS Kesehatan dan Rumah sakit Islam Metro, namun ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh rumah sakit untuk pasien peserta BPJS Kesehatan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah pelayanan maupun hak konsumen yang didapatkan dari Rumah Sakit Islam Metro. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pelayanan hak konsumen pada peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Metro.Artikel ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode wawancara, metode wawancara bertujuan untuk memperoleh penjelasan tentang layanan hak konsumen peserta BPJS kesehatan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Islam Metro, bahwasannya pelayanan yang diberikan kepada peserta dengan kelas I, II dan III tidak adanya diskriminasi pelayanan yang dilakukan. Hal initermaktub dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Islam Metro tidak ada tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh petugas rumah sakit dan sudah dijalankan sesuai amanah undang-undang yang mengatur.
Kata kunci : BPJS Kesehatan, Pelayanan Hak Konsumen, Undang-Undang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Hukum Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 03:34 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 03:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3877 |
Actions (login required)
View Item |