Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 MIN 3 Metro Pusat

Kholifah, Nur (2020) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 MIN 3 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI Nur Kholifah.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi kelas IV MIN 3 Metro, menunjukan bahwadalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika dan menganggap pembelajaran matematika sangat sulit dan membosankan. Siswa sulit untuk mengerjakan soa-soal dankurang aktif dalam pembelajaran dikelas, kurangnya minat siswa untuk mempelajari materi yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui adanya pengaruh alat peraga ular tangga terhadap hasil belajar matematika kelas IV MIN 3 Metro dan Untukmembuktikan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan alat peraga ular tangga dengan siswa yang tidak menggunakan alat peraga ular tangga di kelas IV MIN 3 MetroPenelitin ini nerupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis Quasy eksperimental Disgn.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 3 Metro. Sampel dalam penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan alat peraga ular tangga, kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon dan uji whitney uji N-Gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesismenggunakan uji wilcoxondengan nilai signifikansi 0,000 (p 0,05).Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas IVMIN 3 Metro.Sedangkan hasil dari uji menggunakan uji whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000(p 0,05). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Metro yang menggunakan Alat Peraga ular Tangga dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Alat Peraga, Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:05
Last Modified: 09 Sep 2020 07:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item